@thesis{thesis, author={Erna Awanda}, title ={PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KULSPONSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2016}, url={http://repository.ugr.ac.id:1015/1240/}, abstract={Setiap guru mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar. Strategi guru (pengajar) yang baik dalam proses belajar-mengajar berguna agar siswa belajar secara efektif, efisien dan mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses mengajar adalah metode kulsponsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kulsponsi terhadap hasil belajar Ekonomi pada siswa kelas X SMAN 1 Sumbawa Besar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana, populasinya terdiri dari 94 kelas yaitu kelas A, B, dan C kemudian dua kelas yang dijadikan kelas sampel yaitu kelas B sebagai kelas kontrol yang diberikan dengan metode pembelajaran ceramah dan kelas A sebagai kelas eksperimen yang diberikan dengan metode pembelajaran kulsponsi. Jenis data yang digunakan adalah data test hasil belajar dengan melakukan dua kali ulangan yaitu ulangan pertama dilakukan sebelum memulai pembelajaran (pre-test) dan ulangan kedua dilakukan setelah melakukan pembelajaran (post-test). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T dengan alasan n>30. Untuk melihat taraf signifikansi pengaruh penerapan metode kulsponsi digunakan dengan analisis ttest dimana dalam pengujiannya metode kulsponsi (X 1) dan metode ceramah (X 2 ) memperoleh thitung 22,58 lebih besar dari t tabel 2,000 pada taraf signifikan 5 % berdasarkan hasil tersebut ada pengaruh penerapan metode pembelajaran kulsponsi. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen yang menggunakan metode kulsponsi (X1 ) sebesar 67,636 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan metode ceramah(X 2 ) sebesar 49,545 hal ini menunjukkan pembelajaran kulsponsi lebih baik bila dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah.} }