@thesis{thesis, author={Aeni Nur}, title ={THE TEACHER'S AND STUDENT'S PERCEPTION TOWARD E-LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC AT MADRASAH ALIYAH DARUSSOLIHIN NAHDATUL WATHAN KALIJAGA IN THE SCHOOL YEAR 2020/2021}, year={2021}, url={http://repository.ugr.ac.id:1015/638/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran E-learning dimasa pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Darussholihin Nahdlatul Wathan Kalijaga. Informasi diperoleh dari delapan responden yang terdiri empat guru dan empat siswa yang ada di Madrasah Aliyah Darussholihin Nahdlatul Wathan Kalijaga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik interview dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran E-learning tidak efektif dan tidak berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil data yang ditemukan adalah sebagai berikut : (1) persepsi guru terhadap E-learning yaitu kurang efektif, guru merasa kebingungan, materi sulit difahami, siswa tidak aktif, siswa terkesan main-main / tidak serius dan kurang nya pengawasan terhadap siswa. (2) persepsi siswa terhadap Elearning yaitu : tidak efektif, siswa mudah bosan, kurang optimal dalam penyampaian materi serta E-learning membutuhkan biaya. (3) kendala-kendal : terbatasnya kuota siswa, guru merasa bingung dan kesulitan, tidak memadainya fasilitas dan kurangnya semangat siswa.} }