@thesis{thesis, author={Munawar Arif}, title ={Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMK Putra Bangsa dan SMK Bani Abdurrahman Kota Bontang}, year={2023}, url={}, abstract={Arif Munawar, 2023. ?Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMK Putra Bangsa dan SMK Bani Abdurrahman Kota Bontang?. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Tesis ini dilaksanakan di bawah bimbingan Prof. Dr. H. M. Abzar D, M.Ag selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Fathul Jannah, M.Si selaku pembimbing II Kepala sekolah merupakan figur kunci yang mampu mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Pemimpin transformasional harus memiliki perilaku mencerminkan ciri khas dan keunikan sekolah, yakni pemimpin yang lebih memperhatikan kebutuhan para bawahannya, baik kebutuhan yang bersifat materil maupun nonmateril. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMK Putra Bangsa dan SMK Bani Abdurrahman Kota Bontang Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, dalam hal ini memastikan bahwa data yang diperoleh antara kepala sekolah dan guru benar-benar valid dan saling berkaitan. Analisis yang digunakan adalah analisis data interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana, yakni pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional merupakan model kepemimpinan yang sangat mempengaruhi dalam lembaga pendidikan yang diterapkan oleh kedua kepala sekolah lembaga SMK Putra Bangsa dan SMK Bani Abdurrahman. Peningkatan kompetensi guru yang dilakukan dengan cara mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan penambahan wawasan keilmuan. Pelatihan tersebut bisa dilakukan dengan kerjasama pemerintah, dunia industri dan lembaga lainnya. Cara lainnya juga dengan sentuhan religius yang dilakukan oleh kepala pada peningkatan profesionalisme guru. Kepemimpinan transformasional yang dilakukan oleh Kepala SMK Putra Bangsa adalah dengan merangkul semua warga sekolah dengan baik, sehingga mampu membangkitkan rasa kebersamaan dan menjaga komitmen dengan baik. Sedangkan Kepala SMK Bani Abdurrahman memiliki prinsip bahwa guru adalah rekan kerja di sekolah. Sehingga dalam bekerja di sekolah tidak ada batas/ sekat antara kepala sekolah dengan guru. Dengan demikian, kepemimpinan transformasional mampu meningkatkan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik.} }