@thesis{thesis, author={Mardiyah Raudatul}, title ={Pengaruh Burnout Belajar dan Regulasi Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI di SMA Islam Terpadu Nurul „Ilmi Tenggarong}, year={2023}, url={}, abstract={Raudatul Mardiyah, 2022. ?Pengaruh Burnout Belajar dan Regulasi Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI di SMA Islam Terpadu Nurul ?Ilmi Tenggarong?. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. M. Tahir, S.Ag., MM sebagai pembimbing I dan Dr. Moh. Salehudin, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini siswa yang belajar PAI dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan memiliki hasil belajar sesuai standar Ketuntasan Kriteria Minimal. Namun, terdapat faktor Burnout belajar dan Regulasi Diri siswa yang dapat mempengaruhi aktivitas dan proses sebalajr siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Burnout belajar terhadap hasil belajar PAI, pengaruh regulasi diri terhadap hasil belajar PAI, dan pengaruh Burnout belajar dan regulasi diri terhadap hasil belajar PAI. Lokasi penelitian di SMA Islam Terpadu Nurul ?Ilmi Tenggarong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Slovin, populasinya seluruh siswa SMA Islam Terpadu sebanyak 156 orang dan sampel 112 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan jumlah item pernyataan XI sebanyak 16 butir, item X2 sebanyak 20 butir. dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel burnout belajar (X1) terhadap hasil belajar PAI (Y) signifikan. taraf 5%, nilai P= 0,004 < 0,05 dan R Square sebesar 11% yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh burnout belajar terhadap hasil belajar PAI, sehingga H1 diterima. Variabel X2 terhadap hasil belajar PAI (Y) signifikan. taraf 5%, nilai P= 0,000 < 0,05 dan R Square sebesar 44,9% yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh regulasi diri siswa terhadap hasil belajar PAI, sehingga H1 diterima. Dan variabel Burnout Belajar (XI), Regulasi Diri siswa (X2) terhadap hasil belajar PAI (Y) signifikan. kedua variabel burnout belajar (X1) dan regulasi diri siswa (X2) 52.204 > 3,08 dan R Square sebesar 48,9% yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh burnout belajar dan regulasi diri siswa terhadap hasil belajar PAI, sehingga H1 diterima.} }