@thesis{thesis, author={Ahla Shofi Syifa’ul Fuadiyah}, title ={Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Society 5.0 Pada Film Iqro‟: Petualangan Meraih Bintang}, year={2023}, url={}, abstract={Shofi Syifa?ul Fuadiyah Ahla, 2023. ?Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Society 5.0 Pada Film Iqro?: Petualangan Meraih Bintang?. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Negeri Islam Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. M. Abzar Duraesa, M.Ag. Sebagai pembimbing I dan Dr. Sy. Nurul Syobah, M.Si.Sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini ialah bentuk dari pendidikan karakter yang saat ini banyak menghadapi tantangan. Belum lagi tergerusnya karakter anak dampak dari realita yang terjadi saat ini, dengan perkembangan teknologi yang kian canggih seharusnya pendidikan karakter juga membaik. Akan tetapi problem yang ditemukan bermacam-macam sehingga menggerus karakter yang telah dicanangkan oleh orang tua. Terlebih dalam mendidik karakter anak wajib dimulai dari masa golden age sehingga perlu diadakan penanaman nilai pendidikan karakter yang baik. Dari bahaya gempuran media lahirlah cara untuk menjadi solusi akan hal tersebut salah satunya dapat diperoleh dari media film, terutamaa film yang mendidik karakter. Terlebih saat ini telah memasuki era society 5.0 yang mementingkan pembangunan dasar kualitas sumber daya manusia dengan menguasai keterampilan seperti creativity, collaboration, critical thinking dan communication. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada film Iqro?: Petualangan Meraih Bintang. Untuk mengetahui relevansi dengan era society 5.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari film Iqro?: Petualangan Meraih Bintang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Memirsa dan menyimak. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis naratif Tzevetan Todorov, dengan menyusun alur cerita dari alur awal, alur pertengahan dan alur akhir. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teori, triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Film Iqro?: Petualangan Meraih Bintang terdapat 11 nilai pendidikan karakter di tiap scene nya yang berdominan banyak nilai karakter religius, jujur, menghargai prestasi, peduli lingkungan, peduli sosial. Seluruh nilai tersebut dapat mewakili serta menggambarkan betapa pentingnya mendidik anak dengan berlandaskan agama dari kecil terutama Ibadah kepada Allah dan memperdalam Ilmu ?ilmu yang ada di Bumi maupun di langit. 2) sebelas nilai pendidikan karakter pada film Iqro?: Petualangan Meraih Bintang memiliki relevansi dengan era society 5.0 yang terkait pada kecakapan hidup diantaranya ialah creativity, yaitu relevan dengan nilai karakter relegius dan kreatif. Critical thinking relevan dengan nilai karakter peduli lingkungan, peduli sosial serta rasa ingin tahu. Communication relevan dengan nilai karakter bersahabat dan komunikasi, jujur serta menghargai prestasi. Collaboration relevan dengan nilai karakter disiplin, tanggung jawab, demokratis serta semangat kebangsaan. Pada setiap scene dialog terdapat juga penggunaaan teknologi dan pemanfaatan internet of things seperti telfon genggam, laptop atau komputer dan televisi. Yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.} }