@thesis{thesis, author={Halidi Halidi}, title ={Internalisasi Pendidikan Karakter Melaui Program Tahfidz Qur'an Pada MTSN 3 Paser dan PTSN 4 Paser}, year={2023}, url={}, abstract={Halidi, 2023, ?Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program Tahfidz Quran Pada MTSN 3 Paser dan MTSN 4 Paser?. Tesis ini di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini berawal dari dampak perkembangan zaman di era industri 4.0 yang berakibat peran manusia berkurang, termasuk peran guru Pendidikan Agama Islam, mulai digantikan oleh kecerdasan buatan. Melalui smartphone yang digunakan, Peserta didik dapat belajar agama tanpa harus didampingi guru, padahal pentingnya guru bukan hanya transfer pengetahuan tetapi memberikan keterampilan yang tidak didapatkan di google seperti kecakapan hidup dan kebiasaan baik. Selain itu Penggunaan smartphone yang tak terkontrol juga berdampak buruk bagi mereka. Pelajar bisa menjadi malas, kurang peduli, bahkan menjadi kasar, rasa hormat terhadap guru berkurang, dan membullying temannya bisa terjadi. Pada beberapa sekolah, hal ini sudah terjadi tanpa kecuali pada madrasah. Sejalan dengan itu adanya program Tahfidz Qur?an yang ditawarkan oleh kemeterian Agama Provinsi berdasarkan keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi kalimantan Timur No. 440 Tahun 202. menjadi sebuah upaya dalam pembentukan karakter. Untuk itu penelitian ini ingin mengetahui terhadap internalisasi pendidikan karakter melalui program Tahfidz Qur?an pada MTsN 3 Paser dan MTsN 4 Paser. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif pada situs penelitian dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara kepada pada Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru Pembimbing. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini mendiskripsikan: 1). Konsep pendidik karakter dalam program Tahfidz Qur?an pada kedua madrasah merupakan pengejawantahan dari program Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Timur, pada MTsN 3 Paser merupakan program lanjutan dari program madrasah berasrama, pada MTsN 4 Paser dijadikan program unggulan. 2) strategi pendidikan karakter dalam program Tahfidz Qur?an yang pada MTsN 3 Paser dengan merekrut beberapa tenaga pendidik di bidang tahfidz, melibatkan seluruh guru menjadi pembimbing program, menargetkan siswa hafal 1 Juz (juz 30). Sedangkan MTsN 4 Paser program tahfidz dilaksanakan sesuai jadwal pelajaran dan dilajutkan murojaah di luar kelas, dengan target 1 juz untuk kelas reguler dan 3 juz untuk kelas percepatan dalam 3 tahun 3). Implikasi pendidikan karakter dalam program tahfidz di kedua madrasah ditemukan tumbuhnya jiwa yang sopan dan santun, mandiri serta berprestasi.} }