@thesis{thesis, author={Kasyanti Ramona}, title ={Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Sosial Siswa di MTs Ma’arif NU 1 Samarinda}, year={2023}, url={}, abstract={Ramona Kasyanti, 2023. ?Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Sosial Siswa di MTs Ma?arif NU 1 Samarinda?. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda?. Dibawah bimbingan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI selaku dosen pembimbing I dan Abdul Basith, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku sosial siswa di sekolah seperti kebiasaan siswa melakukan 3 S (senyum, salam, sapa) dan adanya budaya bersalaman oleh siswa dengan guru yang dilakukan siswa sebelum mereka masuk ke dalam kelas. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pembelajaran akidah akhlak yang mereka terima di sekolah dengan perilaku sosial siswa di MTs Ma?arif NU 1 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa MTs Ma?arif NU 1 Samarinda dan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik Purposive Sampling dengan pertimbangan sampel sehingga ditentukan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui angket dianalisis dengan analisis korelasi product moment, uji hipotesis dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapati t hitung 3,34 > t tabel 1,687 yang menunjukkan adanya pengaruh dari pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa. Diperoleh nilai r sebesar 0,480 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,230 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa sebesar 23% dan nilai koefisien derminasi sebesar 0,480 yang jika diinterpretasikan berada pada pengaruh yang ?cukup?. Jadi dapat peneliti simpulkan bahwa pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa terdapat pengaruh yang cukup dengan kata lain hipotesis diterima.} }