@thesis{thesis, author={Renita Deby}, title ={Pengaruh Pembelajaran Daring dan Kondisi Psikologis Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda}, year={2023}, url={}, abstract={Deby Renita, 2023. ?Pengaruh Pembelajaran Daring dan Kondisi Psikologis Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda?. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof Dr. H.M. Abzar, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Suratman, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini pembelajaran daring masih digunakan dibeberapa sekolah, penggunakaam pembelajaran daring berdampak pada kondisi psikologis siswa dan kemandirian belajar siswa. Siswa mengeluh karena beban tugas yang diberikan guru lebih banyak dari pada biasanya. Banyaknya tugas yang diberikan membuat siswa kawalahan dalam mengerjakan tugas karena hampir seluruh guru mata pelajaran memberikan tugas. Akibat dari banyaknya tugas berpengaruh pada kondisi psikolgis siswa seperti ada yang mengalami stress, penurunan motivasi, penurunan minat belajar, serta kurangnya interaksi sosial menyebabkan munculnya perilaku frustasi, kebingungan, dan keefektifan belajar berkurang sehingga mempengaruhi kemandirian siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian siswa. Untuk mengetahui pengaruh kondisi psikologis siswa terhadap kemandirian siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring dan kondisi psikologis siswa terhadap kemandirian siswa di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 428 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas XII dengan jumlah 100 siswa dan jumlah kelas yang diambil ada 4 kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Persyaratan analisis menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, & uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan uji analisis deskriptif, uji r, uji t, uji f dan uji r sqaure.. Hasil perhitungan analisis yang didapat nilai koefisien regresi variabel X1 &Y sebesar 0.540 yang artinya pembelajaran daring memiliki pengaruh yang sedang terhadap kemandirian siswa. Sedangkan nilai koefisien regresi variabel X2 dan Y sebesar 0.735 yang artinya kondisi psikologis siswa berpengaruh terhadap kemandirian. Hasil uji t X1 & Y thitung = 6.353?dari ttabel 1,66055 hipotesis menyatakan Ha diterima yang artinya pembelajaran daring secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian. Kemudian hasil uji t X2 & Y thitung = 10.741? ttabel 1,66055 sehingga Ha diterima yang artinya kondisi psikologis siswa secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian. Diketahui nilai Fhitung 67.916 > Ftabel 3.09, artinya pembelajaran daring (X1) dan kondisi psikologis siswa (X2) secara simultan berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa (Y) SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Kemudian nilai RSquare variabel X1 dan Y sebesar 29.2%, variabel X2 dan Y sebesar 54.1%, dan variabel X1,X2 & Y sebesar 58,3%} }