@thesis{thesis, author={Ritonga Ikhsani Damayanti}, title ={Analisis Pembelajaran Daring Dalam Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Simangumban}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/10007/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran daring dalam menumbuhkan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Simangumban. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian saran dan prasarana, guru biologi dan siswa kelas XI IPA berjumlah 46 orang di SMA Negeri 1 Simangumban. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan wawancara pada WKS dan guru biologi, Sedangkan pada siswa menggunakan angket pada siswa kelas XI IPA sebanyak 15 butir dan dokumentasi berupa RPP guru biologi. Analisis data pada penelitian ini ditemukan dari data wawancara, angket dan dokumentasi indikator KPS yang ditumbuhkan pada kelas XI IPA terdapat 4 indikatoryaitu: observasi (mengamati), klasifikasi (menggolongkan), interpretasi (menafsirkan). Dari data tanggapan angket siswa di peroleh hasil KPS indikator observasi sebanyak 55,44% , klasifikasi sebanyak 52,17% dan interpretasi sebanyak 47,83 %. Sedangkan untuk 2 (dua) indikator lainnya, yaitu: aplikasi konsep dan pengenalan alat tidak dapat dipenuhi karena tidak terlaksanakan atau tidak tercapai dalam pembelajaran daring.} }