@thesis{thesis, author={Hariyanti Lola}, title ={Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Lingkaran Kelas XI MAS Al-Washliyah Kampung Mesjid T.A 2019-2020}, year={2019}, url={http://repository.uinsu.ac.id/10021/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai: (1) Proses pembelajaran matematika siswa; (2) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika; (3) Solusi untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa di MAS Al-Washliyah Kampung Mesjid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subyek penelitian ini adalah Guru matapelajaran matematika, dan peserta didik Kelas XI. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: yang pertama, proses pembelajaran matematika siswa di MAS Al-Washliyah Kampung Mesjid dapat diketahui bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga metode caramah tersebut tidak efektif digunakan untuk pembelajaran matematika, dan guru sangat kaku sekali tidak kreatif dan inovatif bahkan tidak pandai menginterpretasikan materi yang disampaikan dengan kehidupan sehari-hari. Yang kedua, Kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika yaitu: Kesulitan dalam memahami konsep matematika, Kesulitan dalam perhitungan, dan kesulitan dalam memahami bahasa matematika (menggunakan operasi hitung yang benar). Yang ketiga, solusi untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa yaitu: Melakukan kegiatan remedial bagi siswa yang belum mencapai nilai KKM, Memberikan latihan kepada siswa agar lebih dapat terampil dalam mengerjakan soal lingkaran, dan Penggunaan tutor sebaya dalam pembelajaran untuk membantu siswa mempermudah pemahaman pada materi lingkaran.} }