@thesis{thesis, author={Pratiwi Adinda}, title ={Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Di MAN 1 Medan}, year={2019}, url={http://repository.uinsu.ac.id/10045/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) pada materi SPLTV di kelas X MIA MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 (2)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi SPLTV di kelas X MIA MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 (3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran AptitudeTreatment Interaction (ATI) dan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi SPLTV di kelas X MIA MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan eksperimen semu. Adapun populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dan pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling di mana kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen A dengan menerapkan Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction dan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen B dengan menerapkan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah tes dan akan dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data, maka dapat diketahui bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui Model Pembelajaran AptitudeTreatment Interaction (ATI) pada materi SPLTV di kelas X MIA MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata nilai 83,57 (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi SPLTV di kelas X MIA MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 berada pada kategori baik yaitu dengan nilai rata-rata 82,14 (3) Tidak terdapat perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) dan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), hal ini dapat dibuktikan dengan thitung < ttabel yaitu 0,480 < 1,668.} }