@thesis{thesis, author={Ulandari Tengku Sri}, title ={Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Dan Make A Match Di MTs Negeri 4 Langkat Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/10081/}, abstract={Tujuan akhir dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan make a match pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII MTs Negeri 4 Langkat Kecamatan Bohorok Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sampel pada penelitian ini adalah adalah kelas VIII-6 yang terdiri dari 25 siswa dan VIII-7 yang terdiri dari 25 siswa juga. Kelas VIII-6 yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan kelas VIII-7 yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 cara yaitu; (1) tes (2) pengamatan (3) wawancara (4) dokumentasi. Dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran koperatif tipe make a match lebih tinggi peningkatan ketuntasan belajar klasikalnya yaitu pada tahap pratindakan : 16%, siklus I : 32% dan siklus II : 92% apabila dibandingkan dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dengan jumlah pada tahap pratindakan : 12%, siklus I : 28% dan siklus II : 92%. Menurut peneliti hal ini terjadi karena model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan model pembelajaran yang menyenangkan.} }