@thesis{thesis, author={Lubis Miftahul Jannah}, title ={Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Work Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V MIS Mutiara Sei Mencirim Kabupaten Deli Serdang}, year={2019}, url={http://repository.uinsu.ac.id/10138/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran work based learning pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V MIS Mutiara Seimencirim Kabupaten Deli Serdang, (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran work based learning pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V MIS Mutiara Seimencirim Kabupaten Deli Serdang, (3) respon siswa terhadap model pembelajaran work based learning. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek penelitian berjumlah 14 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran work based learning mendapat nilai rata-rata sebesar 46,42%, siswa yang tuntas sebanyak 14,29% (2 siswa), (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran work based learning pada siklus I nilai rata-rata menjadi 62,14% siswa yang tuntas sebanyak 57,14% (8 siswa). Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 74,29% siswa yang tuntas sebanyak 85,71% (12 siswa), (3) respon siswa yaitu sangat antusias memperhatikan serta aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dilihat dari persentase hasil observasi siswa siklus II 85% sebanyak 12 siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran work based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V MIS Mutiara Seimencirim Kabupaten Deli Serdang.} }