@thesis{thesis, author={Harahap Siti Rohaya}, title ={Problematika Metodologis dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/10164/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis, dan mengetahui problematika metodologis dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis, serta mengetahui solusi terhadap problematika problematika metodologis dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif yaitu penelitian yang menggambarkan data informasi yang berdasarkan dengan kenyataan (fakta) yang diperoleh dilapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis yang berjumlah 30 orang. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriftif-analitik yaitu mendeskrifsi dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran bahasa arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis tidak menggunakan meode yang bervariasi tapi hanya menggunakan metode konvensional, yakni metode ceramah. Buku yang digunakan adalah buku durusul lughotul arabiyah yang diberikan oleh pemerintah. Adapun evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan cara memberikan tugas rumah, ujian tengah semeter, dan ujian akhir semester. Problematika metodologis dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis ialah: (1) metode yang digunakan oleg guru bidang studi masih menggunakan metode konvensional, kurangnya variasi metode yang digunakan oleh guru proses pembelajaran bahasa arab sehingga keadaan kelas kurang aktif. Kurangnya penguasaan materi serta kurangnya penguasaan kelas oleh guru. Kurangnya motivasi dan minat siswa dalam belajar serta lemahnya pengetahuan siswa tentang bahasa arab.} }