@thesis{thesis, author={Tarmalia Martina}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology And Society (SETS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Di MIN 3 Deli Serdang}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/10176/}, abstract={Dunia pendidikan saat ini mulai diintegrasikan pendidikan berwawasan lingkungan, misalnya model pembelajaran Science, Environment, Technologi, and Society (SETS) dimaknakan sebagai sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, merupakan satu kesatuan yang dalam konsep pendidikan mempunyai implementasi supaya peserta didik mempunyai kemampuan berpikir kreatif. Model pembelajaran SETS akan membimbing peserta didik untuk berpikir global dan bertindak lokal maupun global dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA di kelas IV MIN 3 Deli Serdang pada materi energi alternatif. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambil sampel dengan cara Random Sampling dengan jumlah sampel 30 siswa dikelas kontrol dan 30 siswa dikelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran SETS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan rata-rata dari hasil kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran SETS adalah 85,66 dengan standar deviasi 9,625 sedangkan rata-rata hasil kemampuan berpikir siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 78,500 dengan strandar deviasi 7,785. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran SETS mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV MIN 3 Deli Serdang.} }