@thesis{thesis, author={Anggraini Cici}, title ={Pengaruh Strategi PAKEMI (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan Dan Islami) Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas V MIS Darul Islam Sugiharjo Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9723/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajarkan tanpa menggunakan strategi PAKEMI di kelas V MIS Darul Islam Sugiharjo Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang 2) Mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi PAKEMIl di kelas V MIS Darul Islam Sugiharjo Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi PAKEMI terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V MIS Darul Islam Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif tipe Quasy Experiment. Penelitian ini dilakukan di MIS Darul Islam Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Darul Islam Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis yang berjumlah 35 siswa. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (VA) yang berjumlah 15 siswa dan kelas kontrol (VB) yang berjumlah 20 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh nilai thitung > ttabel = 9,774 > 1,692 dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 5% = 0,05. Menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ?Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi PAKEMI (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan dan Islami) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MIS Darul Islam Sugiharjo, Kec. Batang Kuis?.} }