@thesis{thesis, author={Harahap Sa’adah}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MIN 5 Kota Medan}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9733/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar Ipa siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di MIN 5 Kota Medan (2) Hasil belajar ipa siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example di MIN 5 Kota Medan (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV MIN 5 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas IV- A (kelas eksperimen) yang berjumlah 20 siswa dan kelas IV-B (kelas kontrol) yang berjumlah 24 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji Mann-Whitney. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata 82,70833333.. (2) Hasil belajar ipa siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example memperoleh rata-rata 86,2533333. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV di MIN 5 Kota Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yang diperoleh Zhitung sebesarsebesar -5.233 dengan nilai Sig. 000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari ? = 0,05 sehingga Ha diterima. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas IV Min 5 Kota Medan.} }