@thesis{thesis, author={Irawan Rita Aini}, title ={Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode TS-TS (Two Stay – Two Stray) Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda Dan Jepang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 064966 Kec. Medan Perjuangan T.A 2018/2019.}, year={2019}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9781/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang. (2) mengetahui proses penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang. (3) Mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang. (4) hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 064966 yang berjumlah 22 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan 4 cara yaitu: (1) observasi (2) wawancara (3) tes (4) dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar siswa sebelum di terapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray masih sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebesar 50,90, dan yang tuntas belajar hanya 5 orang (22,72%). (2) penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang siklus I memiliki persentase ketuntasan hasil belajar klasikal 63,63% dengan nilai rata-rata 67,72. (3) Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 83,36% dengan nilai rata-rata 84,09. (4) Serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray inisangat baik.} }