@thesis{thesis, author={Nurhidayah Nurhidayah}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI MAS Muallimin UNIVA Medan T.P 2018/2019}, year={2019}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9818/}, abstract={Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAS Muallimin UNIVA Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 105 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving pada materi turunan fungsi; 2). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving pada materi turunan fungsi; 3). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving pada materi turunan fungsi; 4). Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa lebih sesuai diajarkan dengan pembelajaran model kooperatif make a match daripada model pembelajaran creative problem solving} }