@thesis{thesis, author={Dahlia Sri}, title ={Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Di Kelas X SMA N 1 Tanjung Balai Asahan Tahun Ajaran 2019/ 2020}, year={2019}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9827/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri di kelas X SMA N 1 Tanjung Balai Asahan tahun ajaran 2019/ 2020. Penelitian ini adalah penelitian kuanitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Tanjung Balai Asahan Tahun Ajaran 2019/ 2020 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIA-2 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen II. Instrument pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data mengguanakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan ANAVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan perhitungan statistik uji ANAVA diperoleh Fhitung > Ftabel dengan angka 6,931>3,923. Dimana kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh skor rata-rata sebesar 77,233 dan kemampuan penalaran matematika yang diajar mengguanakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh skor rata-rata sebesar 76,267.} }