@thesis{thesis, author={Syahbanda Amroni}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan dan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Representasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kelas X materi SPLTV di MAN 1 Medan T.P 2019/2020}, year={2019}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9845/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dan kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu kooperatif tipe bertukar pasangan dan kooperatif tipe two stay two stray. Variabel dependennya kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian true eksperimental research (eksperimental sungguhan). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5 dan MIA 6 MAN 1 Medan. Sampel di pilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan test dan memberikan perlakuan terhadap sampel. Metode statistik menggunakan analisis varian (ANAVA), dengan pengujian hipotesis uji t. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikansi dari model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terhadap kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; 2) Terdapat pengaruh signifikansi dari model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh signifikansi dari model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dan kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLTV kelas X-MIA di MAN 1 Medan T.P 2019/2020.} }