@thesis{thesis, author={Luthfiah Dina Aulia}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Binjai}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9864/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learing (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 4 Binjai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan rata-rata usia 16 sampai dengan 17 tahun, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI dengan 15 siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model Problem Based Learning dan 15 siswa untuk kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji test ?t?. Hasil temuan menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test sebesar 27,87 dan rata-rata post-test sebesar 83,40, pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pre- test 21,07 dan rata-rata post-test 57,67. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 14,358 dan 1,701 sehingga yaitu . Pada kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 10,092 dan 1,701 sehingga yaitu . Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik ketika diajarkan dengan model Problem Based Learning} }