@thesis{thesis, author={Siregar Nur Aisyah}, title ={Implementasi Punishment Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Di MIS Ar Ridha Medan}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9891/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru tentang punishment dalam meningkatkan proses pembelajaran Akidah Akhlak dan menganalisis implementasi punishment dalam meningkatkan proses pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu jenis penelitian yang mengkaji fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1). persepsi guru tentang punishment bermacam-macam pendapat. Pertama, kepala sekolah: punishment perlu dilakukan agar anak tidak mengulangi kesalahannya kembali. Kedua, WKM Kurikulum:punishment perlu dilakukan agar anak tidak melakukan kesalahan yang sama. Ketiga, WKM Kesiswaan: punishment perlu dilakukan, karena punishment adalah alat untuk merubah, membentuk, memotivasi, memberikan efek jera kepada siswa agar siswa menjadi baik kepribadiannya dan akhlaknya. Keempat, Guru Bidang Studi Akidah Akhlak: punishment perlu dilakukan, karena tujuannya bukan menyakiti siswa, tetapi membentuk siswa dan siswi yang dan berakhlakul karimah. (2). Implementasi punishment yang dilakukan di MIS Ar Ridha Medan ada dua macam: pertama, diterapkan secara umum yaitu sesuai dengan surat keputusan yang telah ditetapkan oleh Kepala Madrasah sebagai tata tertib sekolah dan disepakati oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan kedua, diterapkan secara khusus yaitu guru dalam proses pembelajaran dan di luar jam pelajaran di MIS Ar Ridha Medan} }