@thesis{thesis, author={Siregar Erlina}, title ={Implementasi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Membentuk Profesionalitas Guru Di MAN 2 Model Medan}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9900/}, abstract={Tujuan penelitian tesis ini untuk mengetahui, 1) Manajemen kepala madrasah di man 2 model medan, 2) Profesionalitas guru madrasah di MAN 2 Model Medan, 3) penerapan manajemen dalam membentuk profesionalitas guru di MAN 2 Model Medan, dan 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan manajemen kepala madrasah. Metodologi penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Keperluan pengecekan atau berbagai pembanding terhadap data itu. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, berarti dengan cara membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif. Pengecekan data berbagai sumber dalam metode, a) triangulasi sumber (kegunaannya menguji kreadibitas untuk mengecek data yang didapatkan dari beberapa sumber, b) triangulasi teknik (kegunaannya menguji data dengan mengecek data sumber yang serupa dari wawancara kemudian dicek pada observasi dan dokumentasi, c) triangulasi waktu, (dilaksanakan wawancara ketika narasumber dalam keadaan baik, sedikit masalah sehingga peneliti dapat data yang lebih kredibel sedangkan kreadibilitasnya dilakakukan melalui pengecekan wawancara, observasi atau teknik seperti waktu dan situasi yang tidak sama. Temuan dari hasil penelitian meliputi Implementasi manajemen kepala madrasah dalam membentuk profesionalitas guru di MAN 2 Model Medan, 1) Mengikutsertakan guru dalam kursus dan pelatihan pengembangan kualitas pembelajaran dengan penerapan studi banding ke MAN 2 Pekan Baru Provinsi Riau, 2) Mengikutsertakan guru dalam Seminar, mengirim sebagian guru untuk mengikuti seminar tersebut di acara kegiatan pelatihan dari pemerintah pusat yaitu KANWIL KEMENAG SUMUT, pemateri pengurus dari MENAG RI dan MENDIKBUD RI. Untuk menerapkan basis SKS, RPP 1 Lembar dan Silabus 1 Lembar serta menerapkan pembuatan buku oleh guru, 3) Melibatkan guru dalam tim MGMP melakukan diskusi tatap muka dan via whatshaap. 4) Meningkatkan kedisiplinan terhadap guru, 5) Kepala madrasah memotivasi guru. Faktor penghambat perkembangan profesionalitas guru madrasah MAN 2 Model Medan, diantaranya: 1) Masih minimnya penguasaan ilmu teknologi oleh para guru, 2) Hilangnya kreatifitas guru dinyatakan dengan tidak stabilnya masukan, 3) Kurangnya karya ilmiah dari guru,. Maka peranan kepala madrasah dan pemerintah harus lebih memperhatikan dan turut andil membangun perkembangan pada madrasah dengan sering mengadakan kegiatan pelatihan dan pendidikan pada kalangan guru madrasah dalam rangka membentuk profesionalitas guru di MAN 2 Model Medan.} }