@thesis{thesis, author={Sari Merisa Ammelia}, title ={Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Pembelajaran Jigsaw dan Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Di Kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020}, year={2019}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9910/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Jigsaw dan pembelajaran Student Facilitator And Explaining di kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasilnya adalah seluruh siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020. Sample dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-1 dan kelas X MIA-2. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarakn dengan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining, 2) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Jigsaw tidak lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining, 3) Kemampuan representasi matematis siswa yang diajarakan dengan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining, 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarakan dengan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining di kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020} }