@thesis{thesis, author={Meliza Meliza}, title ={Perbedaan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dan Aktivitas Belajar Matematika Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Dan Make A Match di MTs Riyadhus Sholihin Sunggal}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9968/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Perbedaan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dan Aktivitas Belajar Matematika yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Make A Match di MTs Riyadhus Sholihin Sunggal Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII MTs Riyadhus Sholihin Sunggal tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 3 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VIII -1 dan VIII-2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh dengan cara cluster random sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dan aktivitas belajar matematika adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran Make A Match pada materi keliling dan luas lingkaran dikelas VIII MTs Riyadhus Sholihin. Telah dibuktikan dengan ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 18,138 > Ftabel = 4,007. 2) Terdapat perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran Make A Match pada materi keliling dan luas lingkaran dikelas VIII MTs Riyadhus Sholihin. Telah dibuktikan dengan ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 7,584 > Ftabel = 4,007. 3) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa dan aktivitas bealajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran Make A Match pada materi keliling dan luas lingkaran dikelas VIII MTs Riyadhus Sholihin. Telah dibuktikan dengan ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 25,089 > Ftabel = 3,923. 4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan representasi matematis siswa dan aktivitas bealajar matematika pada materi keliling dan luas lingkaran dikelas VIII MTs Riyadhus Sholihin. Telah dibuktikan dengan ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 1,768 < Ftabel = 3,923. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa dan aktivitas belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran numbered head together dan make a match.} }