@thesis{thesis, author={Aulya Ellsa}, title ={Perbedaan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa Di MTs Riyadhus Sholihin Sunggal}, year={2020}, url={http://repository.uinsu.ac.id/9969/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif siswa di kelas VIII MTs Riyadhus Sholihin Sunggal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Riyadhus Sholihin Sunggal Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan cara simple random sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif siswa adalah dengan mengunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi keliling dan luas lingkaran dengan nilai Fhitung = 17,966 > Ftabel taraf ?(0,05)= 4,007; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi keliling dan luas lingkaran dengan nilai Fhitung = 7,598 > Ftabel taraf ?(0,05)= 4,007; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi keliling dan luas lingkaran dengan nilai Fhitung= 24,840 > Ftabel taraf ?(0,05) = 3,923; 4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif siswa pada materi keliling dan luas lingkaran dengan Fhitung= 1,548 < Ftabel taraf ?(0,05) = 3,923.} }