@thesis{thesis, author={Sabina Yuniarty Dua }, title ={Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan Momentum dan Impuls di SMA Negeri 7 Surabaya Kelas X MIPA-2}, year={2019}, url={http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19260/}, abstract={Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik beserta jawabannya, dan Rencana Evaluasi. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Perangkat pembelajaran ini telah diujicobakan kepada 33 peserta didik kelas X MIPA-2 di SMA Negeri 7 Surabaya. Data hasil validasi menunjukan bahwa Silabus dengan skor 3,50 memiliki kategori sangat valid; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan skor 3,38 memiliki kategori Valid; Buku Ajar dengan skor 3,13 memiliki kategori valid; Lembar Kerja Peserta Didik dengan skor 3,08 kategori valid; dan Rencana Evaluasi dengan skor 3,25 memiliki kategori valid; Keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran menunjukkan rata-rata skor 3,57 dengan kategori sangat baik; hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 0,70. Rata-rata respon peserta didik terhadap pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebesar 83,25%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.} }