@thesis{thesis, author={Joshua Emmanuel Kartika and Sylvia Kurniawati }, title ={Gambaran kontrol diri pada mobile gamer emerging adult}, year={2019}, url={http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20432/}, abstract={Emerging adult yang bermain game di handphonenya, sering kali bermain sampai melalaikan kegiatan dan kesehatannya salah satunya terganggu jam tidurnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara kuantitatif deskriptif mengenai kontrol diri pada mobile gamers emerging adult. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian (N=47) adalah pemain mobile game yang berusia 18-25 tahun, sesuai dengan teori Arnett (2014). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan skala likert yang dibuat oleh peneliti. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan alpha cronbach. Hasil yang didapat dari penelitian ini, koefisien reliabilitas melalui 3 putaran 0,851 ? 0,7 (reliabel) dan validitas 0,362-0,564 > 0,3 (Valid) pada skala kontrol diri. Dalam penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa, kontrol diri mobile gamer emerging adult tergolong Sedang karena masih terpengaruh oleh faktor eksternal.} }