@thesis{thesis, author={Eli and Yohanes Ogi }, title ={Pengembangan keterampilan sosial pada anak autism melalui metode social modelling}, year={2019}, url={http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20460/}, abstract={Keterampilan sosial adalah perilaku yang mengembangkan interaksi dengan orang lain, yang mana individu mampu untuk berfungsi dalam pemenuhan tugas bersosialnya. Anak berkebutuhan khusus seperti autis ini mempunyai karakteristik bahwa kurangnya mereka dalam 3 hal, yaitu gangguan dalam sosio-emosional, gangguan dalam bidang komunikasi, dan pola perilaku yang berulang dan menetap. Sikap agresivitas yang muncul pada anak tersebut adalah bentuk dari keterampilan sosial yang memang tidak dimiliki oleh anak yang mengalami gangguan autism. Keterampilan sosial pada anak autis diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, agar keberadaan anak autis diterima ditengah masyarakat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan sosial pada anak autism. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain single case experiment. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dengan mengukur pengaruh metode sosial modeling dalam pengembangan keterampilan sosial. Nantinya akan terlihat ketika hasil pre-test dan post-test sudah didapatkan. Hipotesa penelitian ini diterima, sehingga ada perbedaan hasil pada pre-tes dan post-tes setelah pemberian treatmen.} }