@thesis{thesis, author={Made Dharmawan Rama and Stevani }, title ={Hubungan antara dukungan sosial ibu dan persepsi ibu tentang kesiapan sekolah anak}, year={2020}, url={http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20492/}, abstract={Dibutuhkan standar tertentu seperti kemampuan membaca , menulis dan berbicara pada anak untuk memenuhi persyaratan masuk jenjang Sekolah Dasar. Salah satu pendukung kesiapan sekolah pada anak yaitu orangtua , namun dalam penelitian ini berfokus pada dukungan sosial seorang Ibu sejauh mana ia mengetahui perkembangan kemampuan yang dimiliki anak ketika mempersiapkan diri untuk memasuki sekolah dasar Kesiapan sekolah sendiri didefinisikan sebagai keterampilan kesiapan bahasa, kemandirian, kontrol implus, keterampilan interpersonal, latar belakang pengalaman, dan kesehatan fisik dan mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial ibu dengan kesiapan sekolah anak masuk sekolah dasar. Subjek penelitian (N=127) yaitu ibu yang memiliki anak TK-B. Pengumpulan data menggunakan teknik Incidental sampling. Pengambilan data skripsi menggunakan alat ukur berdasarkan 6 aspek kesiapan sekolah dan 4 aspek dukungan sosial. Hasil data dianalisis menggunakan teknik statistic parametrik Kendall tau-b. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,327. Dikatakan memenuhi uji hipotesis apabila nilai signifikansi < 0,05 sehingga hipotesis ini diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial ibu dengan kesiapan sekolah anak masuk Sekolah Dasar.} }