@thesis{thesis, author={Budijanto and Kaliktus Wilfridus }, title ={Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus Surabaya}, year={2020}, url={http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20672/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran diujicobakan di kelas XI MIPA 3 SMA 17 Agustus Surabaya. Hasil validasi RPP memperoleh skor 3,58 dengan kategori ?sangat valid?, LKPD memperoleh skor 3,39 dengan kategori ?valid?, Rencana Evaluasi memperoleh skor 3,18 dengan kategori ?valid?. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,18 dengan kategori ?baik?. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,70 dengan kategori ?sedang? dan persentase respon peserta didik adalah 83,42% dengan kategori ?sangat positif?. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik pokok bahasan kalor dan perubahan wujud dengan menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA 17 Agustus Surabaya.} }