@thesis{thesis, author={YESSY YESSY}, title ={PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECEMASANMATEMATIKA SISWA TERHADAPPEMAHAMAN KONSEPMATEMATIKA}, year={2019}, url={http://repository.ulb.ac.id/36/}, abstract={ABSTRAKSari, Yessi Novita.015.042.00.032. “Pengaruh Konsep Diri dan KecemasanMatematika Siswa Terhadap Pemahaman KonsepMatematika”. Skripsi.Rantauprapat: Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP LabuhanbatuPenelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadappemahaman konsep matematika. 2) untuk mengetahui pengaruh kecemasanmatematika siswa terhadap pemahaman konsep matematika. 3) untuk mengetahuipengaruh antara konsep diri dan kecemasan matematika siswa terhadappemahaman konsep matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasX SMA Negeri 2 Bilah Hulu tahun pelajaran 2018/2019 yangberjumlah 3 kelasdan sampel diambil 3 kelas secaraTotal Samplingyaitu kelas X IS, X MIA 1 danX MIA 2. Pengumpulan data konsep diri dan kecemasan matematika siswadilakukan dengan metode angket, sedangkan data pemahaman konsep matematikadiperoleh darisoal tes matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah analisis korelasi parsial, analisis regresi linier sederhana dananalisis regresi linier ganda dengan taraf signifikansi sebesar 5% selanjutnya biladilihat dari jenisnyamaka penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antarakonsep diri terhadap pemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengannilai koefisien korelasithitung> dari ttabelatau 4,695 > 1,662. (2) terdapatpengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika siswa terhadappemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasithitung> dari ttabelatau2,561 > 1,662. (3) terdapat pengaruh yangsignifikan antarakonsep diri dan kecemasan matematika siswa terhadap pemahaman konsepmatematika yang di tunjukkan dengan nilai koefisien determinasi R2y(1,2)sebesar0,498. Artinya, 49,80% perubahan pada variabel pemahaman konsep matematika(Y) diterangkan secara bersama-sama oleh konsep diri (X1) dan kecemasanmatematika siswa (X2), sedangkan 50,20% sisanya dijelaskan oleh berbagaimacam variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.Kata kunci: konsep diri, kecemasan matematika siswa, pemahaman konsepmatematika} }