@thesis{thesis, author={MARBUN NATALIA ELISABET}, title ={EFEKTIVITAS MATHMAGIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA}, year={2019}, url={http://repository.ulb.ac.id/37/}, abstract={ABSTRAKAktivitas dan hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan oleh guru. Data aktivitas danhasil belaja rmatematika siswa yang diperoleh di SMA Negeri 2 Bilah Hulu menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa tergolong rendah sehingga perlu untuk ditingkatkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefektivitasmathmagicdengan model pembelajaranscrambleterhadap aktivitasdanhasil belajar siswa pada materi pokok Fungsi Invers. Penelitian ini merupakanpenelitian pra eksperimen dengan menggunakanThe One Group Pre test-Post testDesign.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2Bilah Hulu pada semester genap Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan sampelyaitu kelas X MIA 1 SMANegeri 2 Bilah Hulu sebanyak29peserta didik.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dantes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda. Data dianalisis dengan UjiT yaituPaired Sample T Testdengan bantuansoftwareSPSS 22. Hasil analisisdeskriptif menunjukkan persentase rata-rata aktivitas siswapada pertemuan Isebesar 39,65%,pada pertemuan II sebesar 44,48%, pada pertemuan III sebesar47,24% dan pada pertemuan IV sebesar 60,68%. Persentase aktivitas siswatersebut menunjukkan adanya peningkatan pada tiap pertemuan sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruhmathmagicdengan model pembelajaranscrambleterhadap aktivitas siswa. Selain data aktivitas siswa, nilai rata-rata hasilbelajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Bilah Hulu sebelum diajarmenggunakanmathmagicdengan model pembelajaranscramblesebesar 10,14dan standar deviasi sebesar 3,563 dan setelah diajar menggunakanmathmagicdengan model pembelajaranscramblesebesar 16,72 dan standar deviasi 2,987.Karena data yang diperoleh dari hasil uji t pada taraf signifikansi 0,05 adalah thitung > t tabel yaitu 16,784 > 2,045 maka Haditerima. Artinya terdapatperbedaan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberikanmathmagicdenganmodel pembelajaranscramble. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwaterdapatefektivitasyang signifikan menggunakanmathmagicdengan modelpembelajaranscrambleterhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata Kunci :Mathmagic, Scramble,Aktivitas siswa, Hasilbelajar siswa} }