@thesis{thesis, author={Nia Pusvitasari NIM. 332016013}, title ={Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan ICARE Pada Materi Operasi Hitung Aljabar di Kelas VII SMP}, year={2020}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10918/}, abstract={ABSTRAK Pusvitasari, Nia. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan ICARE pada Materi Operasi Hitung Aljabar di Kelas VII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Syaifudin, M.Pd. (II) Luvi Antari, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: pendekatan introduction, connection, application, reflection, extention (ICARE). Dalam pembelajaran matematika materi hanya diberikan tanpa menjelaskan konsep materi tersebut didapatkan. Dikarenakan bahan ajar yang digunakan biasanya tidak mendorong siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan LKPD yang memfasilitasi siswa dalam memecahkan masalahnya, yaitu menggunakan LKPD dengan pendekatan ICARE. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan praktis. Proses pengembangan LKPD melalui dua tahap, yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluations. LKPD dinyatakan valid setelah dilakukan validasi oleh pakar berdasarkan: 1. Karakteristik ICARE oleh Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd, 2. Kesesuaian materi terhadap kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi oleh Riya Dhotul Jannah, M.Pd, 3. Kesesuaian tata bahasa sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) oleh Drs. Refson, M.Pd. Sedangkan kepraktisan LKPD dilihat dari tanggapan siswa berdasarkan lembar pertanyaan small group dimana siswa dapat mengerjakan LKPD sesuai dengan waktu penyelesaian.} }