@thesis{thesis, author={Dela Dwi Sri Agustiani NIM. 332016028}, title ={Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas VIII MTs Nurul Islam Bayung Lencir}, year={2020}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10919/}, abstract={ABSTRAK Agustiani, Dela Dwi Sri. 2020. Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas VIII MTs Nurul Islam Bayung Lencir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Sarjana Strara (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Syaifudin, M. Pd. (II) Ummu Na?imah, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci: pengaruh, metode scaffolding, berbasis konstruktivisme, hasil belajar, barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Bayung Lencir tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode scaffolding berbasis konstruktivisme diperoleh nilai rata-rata ?80,04 , dan nilai standar deviasinya adalah 16,167. Sedangkan pembelajaran menggunakan metode ekspositori diperoleh nilai rata-rata ?49,08 dan standar deviasinya adalah 19,033 . Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menunjukkan harga t hitung = 6,199 dan t tabel = 1,67722 ini berarti t hitung berada dalam daerah penolakan H o , yang artinya H a diterima. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ?Ada pengaruh signifikan metode scaffolding berbasis konstruktivisme terhadap hasil belajar matematika siswa materi barisan dan deret aritmatika di kelas VIII MTs Nurul Islam Bayung Lencir?, diterima kebenarannya.} }