@thesis{thesis, author={RIRIN OKTAVIANI NIM. 332016003}, title ={PENGEMBANGAN MODUL SISWA BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTARGARIS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10947/}, abstract={ABSTRAK Oktaviani, Ririn. 2020. Pengembangan Modul Siswa Berbasis Pendekatan PMRI pada Pokok Bahasan Hubungan Antargaris Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Dr.. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd., (II) Heru., S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, modul, PMRI, Hubungan Antargaris. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu bahan ajar berupa modul siswa berbasis Pendekatan PMRI untuk kelas IV sekolah dasar serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari penggunaan modul yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangkan (development research). Dalam proses pengembangan menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 31 Talang Kelapa yang berjumlah 8 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh modul yang valid dan praktis. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian para ahli materi, media/tampilan modul dan bahasa. Modul siswa yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan materi (aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan aspek penilaian PMRI), media/tampilan (aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi ukuran modul, desain sampul modul dan desain isi modul), dan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada uji lapangan terbatas terhadap modul siswa yang dikembangkan. Berdasrkan data hasil analisis angket peserta didik pada tahap uji coba lapangan terbatas, modul siswa berbasis pendekatan PMRI mendapatkan jumlah skor 321 dari total skor maksimal penilaian 352, yang persentasinya 91,19% dan dikategorikan praktis.} }