@thesis{thesis, author={Sinta Fitriani NIM. 332016022}, title ={PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN ILUSTRASI KOMIK PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11006/}, abstract={ABSTRAK Fitriani, Sinta. Pengembangan Modul Matematika Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Ilustrasi Komik pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. (II) Heru, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : pengembangan, model 4-D, Kontekstual, modul. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu bahan ajar berupa modul siswa berbasis pendekatan Kontekstual menggunakan ilustrasi komik pada pokok bahasan operasi hitung pecahan kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (development research). Dalam proses pengembangan menggunakan model 4-D yang memiliki beberapa tahapan yaitu tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar SD Negeri 31 Talang Kelapa yang berjumlah 8 orang peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh modul yang valid dan praktis. Penelitian menunjukkan modul yang valid terlihat dari hasil penilaian para ahli, dalam penilaian para ahli di dalam penelitian ini terdapat tiga para ahli, ahli materi, ahli media/tampilan dan ahli bahasa. Dinyatakan valid modul matematika siswa berdasarkan materi (aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian dan aspek kontekstual), media/tampilan (aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi ukuran modul dan desain isi modul), dan penilaian berdasarkan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Berdasarkan hasil kepraktisan modul siswa yang dikembangkan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada saat uji lapangan terbatas. Berdasarkan data hasil dari angket peserta didik pada tahap uji coba lapangan terbatas, modul matematika siswa berbasis pendekatan kontekstual menggunakan ilustrasi komik mendapatkan jumlah skor 354 dari jumlah total maksimal penilaian 384, yang dipersentasekan menjadi 92,18% modul matematika siswa berbasis pendekatan kontekstual menggunakan ilustrasi komik yang dikembangkan dikategorikan praktis.} }