@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI LIMBAH DAN DAUR ULANG DI SMA}, year={2019}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4618/}, abstract={ABSTRAK Citra, Yulia. 2019. Pengembangan. Media Powerpoint Interaktif pada Materi Limbah dan Daur Ulang di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. (I) Dr. Yetty Hastina, M.Si. (II) Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Media PowerPoint Interaktif, Materi Limbah dan Daur Ulang. Pengembangan media powerpoint interaktif adalah pengembangan media alat bantu yang sangat penting digunakan untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Salah satu materi Biologi di SMA yaitu materi Limbah dan Daur Ulang. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karakteristik media powerpoint interaktif pada materi limbah dan daur ulang (2) Untuk mengetahui kelayakan dan keterbacaan media power point interaktif untuk materi pembelajaran limbah dan daur ulang, (3) Jenis Penelitian ini adalah Development Research (DR), menggunakan model pengembangan Tessmer dengan menguji kelayakan dan keterbacaan media powerpoint interaktif pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu (1) karakteristik media powerpoint interaktif memiliki keunikan yaitu pada proses pembelajaran antara media, guru, dan siswa terjadi interaksi serta pada materi limbah dan daur ulang menyisipkanpengolahan limbah kulit nanas menjadi bahan baku bioetanol (2) Kelayakan media powerpoint interaktif berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh skor total 55 dengan kategori cukup layak, dosen ahli materi skor total 96 dengan kategori sangat layak, dosen ahli bahasa skor total 40 dengan kategori sangat layak dan ahli praktisi pendidik skor total 158 dengan kategori sangat layak. (3) Keterbacaan media powerpoint interaktif pembelajaran dilihat dari hasil uji coba one-to-one diperoleh skor total 54,67 dengan kategori sangat terbaca, dan pada uji coba small group diperoleh skor total 52.56 dengan kategori sangat terbaca.} }