@thesis{thesis, author={ERVI APRILIANA NIM 342014005}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DARAH KELAS XI SI SMA NEGERI 3 PALEMBANG}, year={2019}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6013/}, abstract={ABSTRAK Apriliana, Ervi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI di SMA Negeri 3 Palembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Suyud Abadi, M.Si. Pembimbing (II) Rindi Novitri Antika, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Berpikir kritis, model problem solving, sistem sirkulasi darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem sirkulasi darah kelas XI di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian adalah Quasi experimen dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di sekolah SMA Negeri 3 Palembang tahun ajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 284 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 8 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Setelah dianalisis diketahui bahwa model pembelajaran problem solving berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data pre-test dan data pos test kelas eksperimen dihitung menggunakan program SPSS 16.0 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha dinyatakan diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi sistem sirkulasi darah di SMA Negeri 3 Palembang.} }