@thesis{thesis, author={ROHAYA NIM. 622016001}, title ={PENGARUH PERHATIAN GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PAI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 217 PALEMBANG}, year={2020}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8576/}, abstract={Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh perhatian yang diberikan guru terhadap motivasi belajar siswa. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah pertama Bagaimana pengaruh Perhatian Guru PAI terhadap Motivasi belajar siswa Bidang Studi PAI di Sekolah Dasar Negeri 217 Palembang kedua Bagaimana perhatian Guru dan motivasi belajar siswa bidang studi PAI siswa di Sekolah Dasar Negeri 217 Palembang ketiga Apa faktor pendukung dan penghambat Motivasi belajar siswa setelah ada pengaruh Perhatian Guru PAI di Sekolah Dasar Negeri 217 Palembang. Permasalahan dibahas melalui studi lapangan dilaksanakan di SD Negeri 217 Palembang dijadikan sumber data untuk mendapatkan gambaran mengenai perhatian guru dan motivasi belajar siswa di sekolah. Datanya diperoleh melalui angket, dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif menggunakan rumus korelasi Product Moment. Kajian ini menunjukkan bahwa pertama perhatian guru PAI dapat kategorikan baik dikarenakan mean nilai angket sebesar 31,74 mencapai interval kategori Amat baik (31,00 - 40,00). Kedua motivasi belajar siswa dapat kategorikan baik dikarenakan mean nilai angket sebesar 29,17 mencapai interval kategori baik (31,00 - 40,00). Ketiga pengaruh perhatian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV ditemukan r sebesar 0,433 yang dikonsultasikan taraf signifikansi 5 %. diperoleh r tabel = 0,355 dan taraf signifikan 1% diperoleh r tabel = 0,549 masih diperoleh hasil yang lebih besar, dengan demikian hipotesis alternatif ha yang berbunyi ?ada pengaruh positif antara perhatian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri 217 Palembang Tahun Pelajaran 2018/ 2019? yang diajukan adalah diterima. Kata Kunci: Perhatian Guru, Motivasi Belajar Siswa} }