@thesis{thesis, author={EVA JULIA ALFIA NIM.342015008}, title ={ANALISIS KEBIASAAN MAKAN Periophthalmodon scholosseri Pallas. DI PARIT JALUR 13 KECAMATAN MUARA SUGIHAN DAN SUMBANGSIH MEDIA PEMBELAJARAN DI SMA}, year={2019}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8958/}, abstract={ABSTRAK Alfia, Eva Julia. 2019. Analisis Kebiasaan Makan Periophthalmodon scholosseri Pallas. di Parit Jalur 13 Kecamatan Muara Sugihan dan Sumbangsih Media Pembelajaran di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si. Kata kunci : kebiasaan makan, Periophthalmodon scholosseri Pallas., Media pembelajaran. Kebiasaan makan merupakan cara ikan menentukan jenis makanan yang akan dimakan. Penelitian mengenai kebiasaan makanan Periophthalmodon scholosseri Pallas. di Parit Jalur 13 Kecamatan Muara Sugihan dan Sumbangsih Media Pembelajaran di SMA ini perlu dilakukan sehingga dari hasil penelitian ini diharapkan dapat diketahui variasi jenis makanan dari ikan gelodok yang diperoleh di parit tersebut agar ikan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan memiliki nilai ekonomis. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis kebiasaan makan Periophthalmodon scholosseri Pallas dilihat dari isi organ pencernaan makanannya. 2) Mengetahui LKPD pembelajaran layak atau tidak digunakan di SMA. Metode pengambilan sampel ikan yaitu purposive sampling dan analisis pakan alami ikan menggunakan metode Index of Preponderance. Sumbangsih media pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik pada materi sistem pencernaan makanan kelas X SMA, yang divalidasi oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil analisis kebiasaan makan pada ikan Periophthalmodon scholosseri Pallas makanan utamanya yaitu kepiting dengan nilai IP 44,33%; makanan tambahan yaitu udang dengan nilai IP 16,91%, dan siput dengan nilai IP 4,64%; makanan pelengkap yaitu serasah dengan nilai IP 3,11% dan ikan dengan nilai IP 0,96%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ikan gelodok termasuk ikan karnivora. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai 48 ? 20, validasi ahli materi diperoleh nilai 17 ? 6,5, validasi ahli bahasa diperoleh nilai 20 ? 10,66 yang menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD dikategorikan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.} }