@thesis{thesis, author={EVA SELFIANTI NIM.342015006}, title ={ANALISIS POPULASI Periophthalmodon Schlosseri Pallas. DI JALUR 13 KECAMATAN MUARA SUGIHAN DAN SUMBANGSIH MEDIA PEMBELAJARAN DI SMA}, year={2019}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8960/}, abstract={vii ABSTRAK Selfianti, Eva. 2019. Analisis Populasi P. schlosseri Pallas. di Jalur 13 Kecamatan Muara Sugihan dan Sumbangsih Media Pembelajaran di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si. Kata kunci : populasi, P. schlosseri Pallas., media pembelajaran modul. Habitat mangrove merupakan habitat hewan-hewan yang khas salah satunya yaitu P. schlosseri Pallas. Di jalur 13 dahulunya terdapat hutan mangrove yang sudah dialihfungsikan menjadi daerah pertambakan, penelitian dilakukan didaerah pertambakan khususnya di parit 18. P. schlosseri Pallas. adalah salah satu spesies yang hidupnya dipengaruhi oleh keberadaan dari hutan mangrove sehingga mempengaruhi populasi dari spesies tersebut. Masalah Penelitian ini adalah 1) Bagaimana besar jumlah populasi P. schlosseri Pallas. di Jalur 13 Kecamatan Muara Sugihan? 2) Bagaimana sumbangsih modul Pembelajaran layak atau tidak digunakan di SMA Negeri 3 Palembang? Metode Penelitian menggunakan Capture-recapture dengan analisis data menggunakan rumus dari Lincoln-Peterson. Sumbangsih bahan ajar berupa modul yang diuji kelayakannya. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kelimpahan individu atau besar jumlah hewan dalam populasi (N) yaitu 208 individu, dan diketahui kelimpahan relatif yaitu sebesar 30% yang artinya kelimpahan populasi individu tersebut tinggi, dengan interval besarnya populasi P. schlosseri Pallas. tidak kurang dari 125 dan tidak lebih dari 291. Bahan ajar Modul berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ketiga para ahli dikategorikan sangat layak dengan oleh ahli media memperoleh nilai 48 ? 32, hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai 17 ? 10,6, dan hasil validasi dari ahli bahasa memperoleh nilai 22 ? 13, dari data uji kelayakan dapat dikatakan bahwa bahan ajar modul dapat disumbangsihkan dan digunakan dalam proses pembelajaran.} }