@thesis{thesis, author={Maratus Soleka NIM. 342014047}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA GAJAH MADA 3 PALEMBANG}, year={2020}, url={http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/9760/}, abstract={Soleka, Maratus. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Gajah Mada 3 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Kholillah., M.M., (II) Lia Auliandari., S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan karena siswa kurang mampu memprediksi dan kurang mampu dalam membuat laporan tertulis hasil diskusi pada materi perubahan lingkungan. Penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) menjadi suatu langkah yang efisien untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Gajah Mada 3 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan non-equivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, maka semua populasi penelitian adalah sampel penelitian (kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol). Analisis data yang digunakan untuk ranah pengetahuan adalah Uji t tidak berpasangan, sedangkan untuk ranah sikap dan ranah keterampilan adalah Uji Kolmogorov-smirnov two-sample. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran (POE) terhadap hasil belajar ranah pengetahuan pada materi perubahan lingkungan (sig 0,000 < ? 0,05/2), ranah sikap aspek bertanggung jawab (sig 0,010 < ? 0,05/2) dan aspek bekerja sama (sig 0,001 < ? 0,05/2) dan ranah keterampilan siswa berupa menyajikan hasil pengamatan dan diskusi (sig 0,000 < ? 0,05/2).} }