@thesis{thesis, author={NURHIDAYAH PUTRI IRIANI NURHIDAYAH PUTRI IRIANI}, title ={PELAYANAN PUBLIK YANG RESPONSIF DALAM UPAYA MENANGANI PENGADUAN MASYARAKAT DI KANTOR DETASEMEN POLISI MILITER XVIII/1 SORONG}, year={2024}, url={http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/192/}, abstract={NURHIDAYAH PUTRI IRIANI ?Pelayanan Publik yang Responsif Dalam Upaya Menangani Pengaduan Masyarakat Di Kantor Detasemen Polisi Militer XVIII/1 Sorong? (Dibimbing oleh Saiful Ichwan dan Miryam Kalagison) Responsivitas merupakan konsep yang dapat digunakan untuk menilai kualitas pelayan publik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan terkait pelayanan publik yang responsif dalam upaya menangani pengaduan masyarakat di Kantor Denpom XVIII/1 Sorong. Masyarakat menginginkan respon/pelayanan dari aparat dengan cepat, cermat, dan tepat waktu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe peneitian deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan responsivitas pelayanan di kantor Denpom XVIII/1 Sorong dalam upaya menangani pengaduan masyarakat. Teknik pengumpulan data ini menggunakan oservasi,wawancara, dan dokumentasi. Dengan jumlah informan sebanyak 6 (enam) orang yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Data tersebut dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Data dijelaskan dalam bentuk gambar, table, dan narasi. Dengan melihat empat indikator teori responsivitas pelayanan oleh Zeithhaml, yakni Kemampuan merespon masyarakat, Kecepatan melayani, Ketepatan waktu, Kecermatan melayani. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa responsivitas pelayanan pengaduan masyarakat di Denpom XVIII/1 Sorong sudah berjalan dengan baik dilihat dari beberapa temuan di lokasi penelitian, terkecuali indikator ketepatan waktu dalam melayani masyarakat masih ada hambatan. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Responsivitas, Pengaduan Masyarakat} }