@thesis{thesis, author={Arbaida fataha Arbaida fataha}, title ={THE CORRELATION BETWEEN LANGUAGE LEARNING STRATEGY AND STUDENTS’ THINKING STYLES OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG}, year={2024}, url={http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/93/}, abstract={ABSTRAK Arbaida Fataha. The Correlation Beetween Language Learning Strategy and Students? Thinking Styles of English Department at Universitas Muhammadiyah Sorong (Dibimbing oleh Ruslan Hasyim dan Kris Uluelang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi pembelajaran bahasa dengan gaya berpikir mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sorong. Ada tiga strategi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu strategi metakognitif, strategi afektif dan strategi sosial. Jumlah sampel adalah 20 siswa, peneliti menggunakan angket untuk mengumpulkan data. Dalam mengumpulkan data, peneliti menyebarkan angket kepada mahasiswa jurusan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Sorong secara langsung. Kuesioner terdiri dari 35 pernyataan yang terdiri dari 15 pertanyaan untuk variabel strategi pembelajaran bahasa dan 20 pertanyaan untuk variabel gaya berpikir siswa. Hasil penelitian berdasarkan analisis kuesioner menunjukkan bahwa strategi pembelajaran bahasa siswa memiliki hubungan yang signifikan dengan gaya berpikir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini terlihat dari hasil koefisien korelasi atau r yang diperoleh (0,630) yang lebih rendah dari r-tabel (0,1779), sehingga tingkat probabilitas (p) signifikansi (sig.2-tailed) adalah 0,003. Ini berarti p(.003) lebih rendah dari .05. Artinya ada hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran bahasa mahasiswa dengan gaya berpikir mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sorong. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Bahasa, Gaya Berpikir Mahasiswa} }