@thesis{thesis, author={Wasik M.}, title ={Korelasi antaraminat dan motivasi belajar dengan prstasi belajar mata pelajaran geografi pada siswa kelas I SMU Negeri 1 GapuraKabupaten Sumenep oleh M. Wasik}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/100105/}, abstract={Dari beberapafa klor yang mempengaruhpi restdsbi elajar y ang menjadi perhatianp enelitia dalahm inat danm otivasib elajar.M inat belajarm embuast tswa iertarika taut idak tertarik s enanga taut idak senangte rhadapm atap elajarany ang dipelajarinya.S edangkanm otivasi belajarb erpengaruhte rhadapin tensitasb elajar. Uit-trat yang mempengaruhpi restasbi elajari nilah yangm endasardi ilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar denganp restasbi elajard ank orelasia ntaram otivasib elajard enganp restasbi ela. ar mata pelajaran Geografi siswa kelas i SMU Negeri I Gapura Kabupaten Sumenepta hun pelajaran2 00212003P. opulasid alamp enelitianin i adalahs iswa kelasI sMU Negeri 1 GapuraK abupatenS umenepta hunp elajaran2002l2003 be umlah 134 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan ramdom sampling sederhana dengan cara undian. Untuk pengumpuland ata dalam penelitian ini menggunakana ngket daftar dokumentasi dan pedoman wawancara. Angket digunakan untuk rnengumpulkadna ta minat dan motivasib elajar.D aftar dokumentasdi igunakan untuk mengumpulkan data tentang minat belajar (kehadiran mengikuti pelajaran Geografi)d an prestasbi elajarb erupan ilai prestasui langanh arianm atap elajaran Geografi siswa kelas I SMU Negeri I Gapwa Kabupaten Sumenep tahun Pelajaran 200212003. Sedangkan pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkand ata minat belajar berupap erasaans enangm engikutip elalaran Geografi dan konsentrasi pada pelajaran Geogafi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment dengan menggunakan programS PSSf or windowsv ersi 10.0.B erdasarkana nalisisd aA diperolehh asil bahrva ada hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Dari analisisd atat ersebutd iperolehk esimpulans ebagabi erikut l) Ada hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Geografi. Artinya semakin tinggr minat belajar siswa semakinti nggi pula prestasbi elajary angd icapai. 2) Ada hubgngan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Geografi. Artinya semakin tinggi motivasi belajar siswa s emakint inggi pula prestasbi elajary angd icapai. vl} }