@thesis{thesis, author={Diana Arif Devit Wayan}, title ={Hubungan nilai ujian nasional bahasa Indonesia SLTP dengan nilai rapor bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 1 Bululawang / Arif Devit Wayan Diana}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/10037/}, abstract={ABSTRAK Arif Devit Wayan Diana 2009. Hubungan Antara Nilai Ujian Nasional Bahasa Indonesia SLTP Dengan Nilai Rapor Bahasa Indonesia Siswa kelas X SMA Negeri 1 Bululawang. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Cholisotul Hamidah M. Pd (II) Dra. Nurchasanah M. Pd. Kata kunci Prestasi belajar Nilai Ujian Nasional Nilai rapor Prestasi merupakan hasil yang diperoleh melalui suatu proses dalam kegiatan belajar mengajar selama jangka waktu tertentu. Prestasi belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah nilai ujian nasional bahasa Indonesia SLTP dan nilai rapor bahasa Indonesia semester 1 siswa kelas X SMA Negeri 1 Bululawang. Adapun nilai rapor bahasa Indonesia yang digunakan dalam peneltian ini adalah nilai rapor bahasa Indonesia aspek kognitif dan Psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan nilai ujian nasional bahasa Indonesia SLTP dengan nilai rapor bahasa Indonesia semester 1 setelah siswa belajar di SMA. Menurut Surat keputusan Menteri pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 153/U/2003 Ujian Akhir Nasional yang selanjutnya disebut Ujian Nasional adalah kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan pada jalur sekolah/madrasah yang diselenggarakan secara nasional. Rapor merupakan dokumen yang menjadi penghubung komunikasi baik antara sekolah dengan orang tua peserta didik maupun dengan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui tentang hasil belajar peserta didik pada kurun waktu tertentu. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif korelasional. Melalui penelitian ini data-data nilai ujian nasional dan nilai rapor bahasa Indonesia yang dimiliki pihak SMA Negeri 1 Bululawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa table-tabel untuk menyeleksi nilai bahasa Indonesia. Setelah data-data diperoleh dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment Pearson untuk mengetahui hubungan variabel X dan Y sedangkan analisis regresi untuk mengetahui kontribusi variabel X dan Y. Selanjutnya hasil penelitian disimpulkan dalam bentuk interpretasi data. Setelah penelitian ini dilakukan diketahui bahwa kondisi nilai ujian nasional bahasa Indonesia SLTP dan nilai rapor bahasa Indonesia semester 1 siswa kelas X SMA Negeri Bululawang termasuk dalam kategori baik. Dari hasil penelelitian diketahui bahwa terdapat hubungan positif dan sigifikan antara nilai ujian nasional bahasa Indonesia SLTP dengan nilai rapor bahasa Indoensia semester 1 siswa kelas X SMA Negeri 1 Bululawang (r 0 225). Kontribusi atau sumbangan nilai ujian nasional bahasa Indonesia SLTP terhadap nilai rapor bahasa Indonesia semester 1 siswa kelas X SMA Negeri 1 Bululawang ditentukan prestasi belajar sebelumnya (nilai ujian nasional bahasa Indonesia SLTP) sebesar 5 12% sedangkan 94 88% ditentukan faktor lain. Setelah penelitian ini dilakukan dikemukakan beberapa saran sebagai berikut (1) sekolah perlu mempertahankan kriteria Nilai Ujian Nasional input SMAN 1 bululawang sehingga mutu dan prestise sekolahan tetap terjaga (2) guru bidang studi bahasa Indonesia hendaknya dapat merespon dan berinteraksi dengan siswa tentang keinginan-keinginan siswa dalam belajar yang lebih menyenangkan dan kondusif sehingga prestasi belajar yang diperoleh dapat ditingkatkan khususnya nilai rapor bahasa Indonesia (3) bagi siswa sendiri penelitian ini hendaknya menjadi suatu motivasi untuk berprestasi lebih baik lagi (4) sekolah perlu untuk mempertahankan kualifikasi siswa yang diterima sehingga prestasi yang selama ini ada dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan lagi. } }