@thesis{thesis, author={}, title ={Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Balai Diklat Agribisnis Tanaman Pangan Dan Tanaman Obat Ketindan Lawang Oleh Karti}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/1004/}, abstract={Mediap cmbclajaramn empunyapi erananp cntingu ntukm eningkatkan mwup embelarjarpaand ap endidikand anp elatihanA garm edii pembelajaran dapadt imanfaatkasne saram aksimalm akai nstnrkturd jtuntutu ntukm erniliki pengetahudaann k etranpilond alamm enilitt menggunalcdaann m cmanfaatkan mediaB. erdasarkahna l tersebupt enelitib ermaksuudn tukm engungkapkan tentanpge manfaatamn ediap cmbelajaradni balaid iklat agirbisnista naman pansadna nt anamano batK etindanL- awangT. ujuanp enelitianin i adalah( l ) Mendeskripsikajcnn is mediay angd imanfaatkaonl ehi nstrukturd i BDATPO KctindanI-a rnng (2) Mendesfripsikafnr ekucnsin stuktur dalam memanfaatkamne diap embelajaradni BDATPOK etindanL- awang( 3 ) Mendeskripsikalani teria pemilibanm ediap enbelajarand i BDAfpO Ketindan- Iawang (a) Mendakripsikanp rosedupr emanfaatamn ediap embel arand i BDATPOK etindanL- awang( 5) Mendeskripsikafna ktory angm empengaruhi upayap emanfratamn ediap cmbclajaradni BDATPOK etindanL- auang ( 6) Mendeskipsikapno lap emanfaatamn ediap embelajaradni BDATPOK etindan- Lawang. Penelitianin i menggunakamne todcd eskriptifs urveSp opulasdi alam penelitianin i adalatirn stnrkturd i balaid iklat agribisnista namanp angand an tanamano batK etindank- wang yangs eluruhnyab erjumlah1 4o rang. Pengumpuladna fam enggunatatne kniks trslisiss tatistikd enganp rosentase. Hasilp enelitianm enwrjukkabna hwa( l) Mediap embelajarayna ng dimanfaatkaonl ehs eluruhin struktu adalahp apanm agnetm odul O HPd an transparansmi ediap .-mbelajaruy angd imanfaatkaonl ehs ebagiabne sar instruktuar dalahs pecime(n7 lyo) LCDQ IW danw idyawisat(a5 7Y m edia yangd imanfaatkaonl ch sebagiankc cil instnrktura dalahp apantu lis (43o/o) supleme(n4 3o/o) bagan(21%) traepceo rde(r2 lYo)d ans lide( 21%)(. 2) Media pembelajarayna ngs elalud imanfaatkaonl ehi nstuktur adalahm ediap apand an mediac etak( 57o/o mediayansge ringd imanfaatkaonl ehi nstruktura 4nlahm edia mediap andangQ lo/o)danmedibae ndas ebenamy(a5 0%).( 3) Mediay ang dimanfaatkmd alan pembelajaramn cmenuhhi itcria kelayakanka rena didasarkapna dak esesuaiadne nganis i ataum ateri k esesuaiadne ngantu juan pembelajarakne sesuaiadne nganm etodep embelajarayna ngd igunakan kesesuaiadne ngank arakteristikp cscrtad ank escsuadi cngank ualitasm edia-( 4) Sebelumm emanfaatkamne diap embeharank egiatany angd ilakukano leh instruktura dalnhm empelajartui juanp embelajaraknh ususm empelajarui rutan rnateryi anga lrand ioanpajkanm eneljtip erlengkapayna nga kand ipedukan dalamp dmanfaatamn edia m enelitik eadaanm ediad anm empelajarpi etunjuk pcmanfaltanK c aiatmy ary dilakulon irutuktur s lrrrrsm omufretkanm cdia adalamh enjelaskamn aterid engnom ngun anm ediq men) ampaikan permasalabmanc laluim ediak cmudiand ibahasb cnamam ernberikaanp ersepsi kcpadpae scrtam cdiadipakasi cbagabi abanakhiru nUrkm encocokkan pmahamanp es rtsm erangkumda nm enyimpulkanK e giatany angd ilakulen insffukfirs eGlahp ananfaatan edia adalahm emberikatne su ntukm engetahui tercapairytau juanp enbelajaranm uinA masukank epsdap esertate ntaog komponedna np rrosedurpemanfaamtaend iam elaluia n et danm engadakan balikanrc rhadaph cgistanp cnbclajarlrq( 5 ) Fahor pcndt ungp emanfaatan mediap embclajannh ampirs eluruhin stn turbcrperdapadt enganm ediap escrta lebiht emrotivasik cmampuainn strulffuryangm emadaik etersediaamn ediad an ketcrscdiaadnn re F alitorp englambapt emanfaatamn cdiap cnrbclajarasne bagan besakr arenak eterbatasawna ktud alamp emanfaatajqe nis mddiay angt rbatas keterbatasadng a dan iDstrukerd alamh al kemediaao(6 ) pota pemanfaatamne diap e nbeQiaradna lao situaski elas seturuhin struktur memanfaatkamne dias ecarak lasikal s ebagiabne sars ecarain dividual( s7o/od) an scbagrakne cil sccarak elompokQ lv ) pola pemanfaatamn ediap embelajaradni luars ituaski elass eluruhin strukturm emanfaatkamne dias ecarate rkontrol QaV/o). Berdasarlsahna silp cnelitiant crscbutm akap enelitim enyaranka(nl) KepalaB DAT 0 perlum enambsaha u meleagkapmi ediap embelajaranyangadz sesuadi enganm aterid iklat danp erlud ipertimbangkadnia dakannyma edia pembelajarabne rbantuakno mpute(r2 ) Instruktu dituntutu ntukl ebih meningkatkafnre kuenspi emanfaatamn ediag rafis m ediat iga dimensim edia tiruan m cdiad cngard anm ediap andangd engar} }