@thesis{thesis, author={Astuti Sari Puji}, title ={Persepsi guru SMA Negeri di kawasan Tugu Malang terhadap kurikulum 2004 mata pelajaran Bahasa Indonesia oleh Sari Puji Astuti}, year={2010}, url={http://repository.um.ac.id/10044/}, abstract={Reformasyi ang terjadi di Indonesia t elah mengubaht atanank ehidupany ang ada di regarak ita. Peristiwai ni pun turut mempengaruhdi unia pendidikank ita. Reformasi ini lelahm endorongp ernerintahu ntuk melakukanp enataant erhadaps istem pendidikan tocara menyeluruh. Salah satu usaha mereka adalah penyempurnaan kurikulum. Kuikulum yang telah disempumakan dalam draf ini bernama Kurikulum 2004 yang tcrtasis kompetensi. Kemunculan kurikulum ini memunculkan pihak pendukung dan pihakk ontroversdi i dalamd unia pendidikan.T erlepasd ari sikapt ersebut m au tidak mau huikulum ini akan diterapkan. Untuk menyongsong diberlakukannya Kurikulum 2004 dlakukanp elatihan-pelatihatne rhadapg uru-guru k epalas ekolah d an pengawass ekolah ermasukd i dalamnyaa dalahg uru-guru SMA di kawasanT ugu Malang. Dari pelatihan hnebul SMA Negeri di kawasanT ugu Malang mencobam enerapkanK urikulum 2004. .Se lahm encoba menerapkanK urikulum 2004 tentunya guru-guru SMA tersebut menilikip ersepstie rhadapK urikulum 2004. Bagaimanakahp ersepsim ereka U ntuk iht prlu dilalrukanp enelitian. lvlasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (l) persepsi guru terhadap percncaftumK urikulum 2004 dalam proses pembelajaran mata pelajaran bahasa hdonesia (2) persepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum 2004 dalam proses pembelajaramna ta pelajaranb ahasaI ndonesia d an (3) persepsig uru terhadapp enilaian Kurikulum2 004 dalam prosesp embelajaranm ata pelajaranb ahasaI ndonesia.P enelitian ini bertqjuanu rituk memperolehg ambarant entangp ersepsig uru terhadapp erencanaan pelaksanaadna n penilaian Kurikulum 2004 dalam prosesp embelajaranm ata pelajaran hbasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitianin i adalah seluruh guru mata pelajaran bahasal ndonesia yang mengajar di SMA Negeri di kawasan Tugu Malang. Data penelitian berupa jawaban angket dan hasil wawancargau ru yang mencerminkanp ersepsig uru terhadapK urikulum 2004 I nstrumen trnelitian adalah peneliti yang akan dibantu dengan angkst dan panduan wawancara. Sedangkadna ta dianalisisd enganm etod statistik yang menggunakanru mus nilai ratarata. P engecekakne absahanp enelitiand ilakukan denganc ara (l) trianggulasii nstrumen dan subjek penelitia4 (2) perpanjangan kehadiran peneliti di lapangian dan (3) pengecekasne jawat. Hasil analisisd ata telah menunjukkan beberapah al sebagabi erikut irln.P ensmo penepsgi uru dalam membuatp erencanaanb erdasarkanK urikulum 2004 sebagianb esar menyatakanm udah Hal ini dikarenakan mereka telah terbiasa dengan kegiatan perencanaapna dak urikulum sebelumnyaS. edangkanp ersepsis ebagiank ecil guru yang menyatakansu lit disebabkano leh faktor kemalasannyad alam membuat perenc uurn lll} }